Hidup bukan tentang seberapa besar kesalahanmu di masa lalu, tapi tentang bagaimana kamu memperbaiki diri dan kuat menjalani hari.

Tuesday, October 8, 2013

Manfaat haloalkana

Salah satu manfaat haloalkana sebagai anestetik. Coba cari manfaat dan kerugian dari haloalkana dalam 10 kalimat. Silahkan tuliskan dalam bentuk komentar di bawah ini.

19 comments:

  1. haloalkana mempunyai banyak manfaat. Contohnya seperti triklorometana/kloroform yang digunakan sebaga freon pada AC. Selain itu ada etil klorida/kloroetana yang digunaan sebagai bahan utama pembuatan plastik. Ada lagi CF3CHClBr yang digunakan untuk obat bius pada bidang kedokteran. Haloalkana juga mempunyai kerugian yaitu, bisa menyebabkan polusi dengan adanya zat haloalkana yang merupakan polutan. Contohnya seperti Dikloro Difenil Trikloroetana (DDT) yang digunakan sebagai insektisida. DDT memang dibutuhkan sebagai racun serangga namun bisa merusak organisme yang lainnya. - [Dinda XII IPA 2]

    ReplyDelete
  2. haloalkana banyak digunakan sebagai pelarut, insektisida dan bahan bahan senyawa organik lainnya. selain itu juga banyak juga senyawa senyawa haloalkana yang bersifat racun dan harus digunakan dengan hati hati seperti tetraklorida ( CCL4) dan kloroform ( CHCL3) senyawa tersebut jika dihirup terlalu banyak akan merusak hati kita. insektisida yang mengandung halogen seperti DTD memiliki efek merusak lingkungan. tapi beberapa senyawa halogen masih aman digunakan sebagai anestetik (pemati rasa) contohnya halotan dan metoksi fluorana.

    sekarang aku mau menjelaskan tentang beberapa senyawa yang bermanfaat dan merugikan.

    Merugikan :
    1. CHCL3 (kloroform)
    zat ini digunakan sebagai zat pelarut. namun dibidang kedokteran zat ini digunakan sebagai anestetik, tapi tidak di gunakan lagi karena zat ini menyebabkan kanker hati.

    2. DDT
    ddt digunakan sebagai insektisida yang bersifat racun keras. penggunaan ini sudah dibatasi karena tidak dapat di uraikan oleh organisme.

    3.CFC (freon)
    seperti kita ketahui freon itu biasanya di gunakan untuk AC, kulkas, pendorong pada aerosol kan. naah CFC itu rupanya berbahaya bagi lingkungan karena jika CFC terakumulasi di atmosfer, CFC akan terkena UV sehingga akan membentuk radikal bebas yang membuat lubang ozon.

    manfaat :

    1.diklorometana
    ini digunakan sebagai anestetik, diklorometana tidak berwarna, titik didihnya 40 derajat celcius dan tidak beracun

    2. etil klorida
    etil klorida merupakan bahan utama dalam pembuatan plastik etil selulosa dan sebagai anestetik lokal pada operasi ringan.

    3.bromometana
    zat ini digunakan sebagai pemadam kebakaran di pesawat terbang dan sebagai bahan pengasapan biji biji dan buah buahan

    4. triiodometana
    merupakan bahan obat luar seperti luka bakar atau luka yang sudah koreng

    5.tetraklorometana
    zat ini dikenal sebagai bahan pelarut lemak dan sebagai bahan dasar industri freon yang tidak beracun dan tidak korosif

    6. trifluoroetana
    digunakan sebagai obat bius yang sering digunakan sampai sekarang

    7. monomer dari teflon
    digunakan sebagai pelapis anti lengket ( panci dll)

    8. dibromoetana
    zat ini sebagai zat aditif pada mesin yang menggunakan TEL


    GEBBY MUMTAZ XII IPA 2

    ReplyDelete

  3. (1)banyak kegunaan haloalkana seperti kloroform digunakan sebagai pelarut, bahan pembuatan freon dan zat anestetik.(2) etil klorida digunakan sebagai pembuatan plastik etil dan TEL lalu metil bromida untuk bahan bakar pesawat. (3)triodometana dikenal dengan iodoform sebagai obat luka luar, luka bakar, koreng dan bisul. monomer dari teflon digunakan sebagai pelapis panas untuk setrika, wajan, panci. (4)karbon tetraklorida digunakan bahan pelarut lemak dan dry cleaning. (5)lalu dibrometana digunakan sebagai zat aditif untuk bensin. (6)selain manfaat, haloalkana juga mempunyai kerugian. (7)contohnya seperti kloroform jika dihirup secara langsung dan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan hati dan kanker hati. (8) DDT yang bersifat racun keras terdapat dalam insektisida. (9)CFC yang terkena sinar UV akan membentuk radikal bebas dan merusak lapisan ozon yang menyebabkan oksigen dalam bumi berkurang dan menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, global warming, kebakaran hutan krn kekeringan, (10)lalu kerugian haloalkana juga sebagai polutan terbesar di bumi. -Andi rahma xii ipa 2

    ReplyDelete
  4. Kegunaan:

    CHCl3 (kloroform) pelarut dan zat anestetik, bahan pendingin AC (freon).

    CH2Cl2 (diklorometana) sebagai zat anestetik

    C2H5Cl (etil klorida) zat untuk olahragawan jika cedera

    CH3Br (metil bromida) pemadam kebakaran dipesawat

    CHI3 obat luar untuk kulit

    CCl4 (karbon tetraklorida) digunakan sbg bahan pelarut lemak, pembuatan freon dan dry cleaning

    CF3-CHCl Br digunakan sbg obat bius

    CF2 digunakan sebagai pelapis teflon untuk panci, setrika dll

    C2H4Br2 digunakan untuk menjadi zat adiktif pada bensin


    Kerugian:

    kloroform dapat menyebabkan kanker hati dan kerusakan organ jika dihirup

    DDT racun, insektisida

    CFC yang terkena sinar UV akan membentuk radikal bebas dan merusak lapisan ozon, menyebabkan global warming, hutan kekeringan.

    Haloalkana juga sebagai polutan terbesar di bumi.

    ReplyDelete
  5. Kegunaan:

    CHCl3 (kloroform) pelarut dan zat anestetik, bahan pendingin AC (freon).

    CH2Cl2 (diklorometana) sebagai zat anestetik

    C2H5Cl (etil klorida) zat untuk olahragawan jika cedera

    CH3Br (metil bromida) pemadam kebakaran dipesawat

    CHI3 obat luar untuk kulit

    CCl4 (karbon tetraklorida) digunakan sbg bahan pelarut lemak, pembuatan freon dan dry cleaning

    CF3-CHCl Br digunakan sbg obat bius

    CF2 digunakan sebagai pelapis teflon untuk panci, setrika dll

    C2H4Br2 digunakan untuk menjadi zat adiktif pada bensin


    Kerugian:

    kloroform dapat menyebabkan kanker hati dan kerusakan organ jika dihirup

    DDT racun, insektisida

    CFC yang terkena sinar UV akan membentuk radikal bebas dan merusak lapisan ozon, menyebabkan global warming, hutan kekeringan.

    Haloalkana juga sebagai polutan terbesar di bumi.

    ReplyDelete
  6. Manfaat dari haloalkana adalah, sebagai obat bius, pelarut, Freon, dan insektisida. Ada juga manfaat yang C2H5Cl (kloroetana) digunakan sebagai anestesi lokal (pemati rasa nyeri lokal). CH3Cl digunakan sebagai zat fumigan. C3H5Br2Cl digunakan sebagai insektisida pertanian. Dan keguanaan haloalkana yang terakhir adalah C2H4Br2 digunakan sebagai zat aditif pada bensin. Untuk kerugian dari haloalkana adalah banyaknya senyawa haloalkana yang digunakan sebagai pelarut nonpolar seperti CCl4, CHCl3, C2H3Cl3. Freon dan metil klorida yang dapat merusak lapisan ozon sehingga sangat membahayakan lingkungan. Dan yang terakhir C3H5Br2Cl yang digunakan sebagai insektisida pertanian, hanya saja zat ini bisa menimbulkan kemandulan bagi para buruh tani.
    Edo-12 IPA 2

    ReplyDelete
  7. Senyawa haloalkana digunakan secara meluas dalam masyarakat. Haloalkana banyak digunakan sebagai pelarut, insektisida dan bahan-bahan dlm sintesis senyawa organik. Senyawa ini tampaknya sangat aman digunakan sebagai anestik ( pemati rasa ).Contohnya adalah halotan dan metoksi fluorana. Contoh lain adalah Chcl3 atau disebut kloroform. Dibidang kedokteran kloroform pernah digunakan sebagai zat anestetik pd manusia dan tidak digunakan lagi karena diduga dapat menyebabkan kanker hati. Zat anestetik yang masih digunakan adalah senyawa dikloremetana. Senyawa ini merupakan senyawa tak berwarna beraroma manis yang banyak digunakan sebagai pelarut. Titik didihnya 40 derajat celcius dan tidak beracun. Senyawa ini juga sangat bereaktif dan agak mudah terbakar.
    -riz

    ReplyDelete
  8. maanfaat dari haloalkana ini sangat banyak sekali daan sangat baguss, Pemadam kebakaran pesawat terbang, bahan pengasapan pada penyimpanan biji-bijian dan buah-buahan,Pembuatan plastik etil selulosa,anestesi lokal operasi ringan membuta TEL (tetra etil lead),Pembuatan cat dan anestesi ringan,Bahan obat luka luar dan luka yang sudah abses (bisul),CHCl2F dan CCl2F2 cair untuk refrigerants pada AC dan kulkas serta pendorong pada aerosol,CCl2F─CClF2 cair untuk pelarut zat pembersih kaca,gelas,lapisan logam, kerugian yang ada pada haloalkana juiga banyak
    Banyaknya senyawa haloalkana digunakan pelarut nonpolar seperti CCl4, CHCl3, C2H3Cl3. Pelarut ini bersifat racun, obat bius sehingga jangan sampai terhirup.
    Kloroform (CHCl3) digunakan sebagai obat bius atau pemati rasa (anestesi) yang kuat. Kerugiannya, CHCl3 dapat mengganggu hati.
    Freon dan metil klorida dapat merusak lapisan ozon sehingga sangat membahayakan lingkungan.
    C3H5Br2Cl (1,1-dibromo-1-kloro propana) digunakan sebagai insektisida pertanian. Hanya saja zat ini bisa menimbulkan kemandulan bagi para buruh tani.
    DDT = dikloro difenil trikloro etana. Ini digunakan sebagai insektisida. Akan tetapi, ternyata DDT sukar sekali terurai, sehingga masih tetap ada dalam sayuran atau daging hewan ternak yang memakan rumput yang disemprot DDT. Akibatnya bisa menimbulkan keracunan. komentar saya halokana ini banyak manfaatnya tapi bnyak juga kerugiaanya karna semunya ga ada yang sempurna di mana banyak positive pasti banyak negativenya juga ini saya novcka averoosh kelas 12 ipa 1 saya berharap ini bisa berguna bagi nusa dan bangsa karna cuman sedikit yang peduli pada bangsa, hanya orang yang berjiwa besar yang tidak selalu mengikuti tradisi-tradisi orang lain cari yang baru dan ledakan. -novckaveroosh

    ReplyDelete
  9. haloalkana adalah suatu senyawa rantai karbon yang salah satu unsur hidrogennya diganti dengan unsur yang terletak di golongan VII A atau golongan halogen. haloalkana itu sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kerugian diantaranya sebagai anastetik, pelarut, dan masih banyak lainnya.

    unsur haloalkana yang sering digunakan dalam anastetik adalah triklorometana (CHCl3) atau biasa disebut dengan kloroform. pada kedokteran jaman dahulu kloroform digunakan sebagai anastetik namun karena diduga menyebabkan kanker hati, kloroform tidak lagi digunakan pada manusia. namun masih digunakan dalam pembiusan hewan percobaan. anastetik yang masih digukanan sampai sekarang adalah diklorometana (CH2Cl2).
    untuk anastetik ringan bisa juga menggunakan kloroetana atau etil klorida. namun selain sebagai anastetik, kloroetana juga berfungsi sebagai bahan utama pembuatan plastik etil selulosa. campuran kloroetana dapat digunakan sebagai antiknocking pada mesin motor atau bisa juga dicampurkan kedalam premium sebagai katalis antiletup. namun tidak dianjurkan karena akan mengotori udara.

    selanjutnya ada triiodometana yang digunakan sebagai bahan obat luar, CF2=CF2 yang merupakan monomer dari teflon sebagai pelapis antilengket, bromometana yang dipakai sebagai pemadam kebakaran di pesawat terbang, serta bahan pengasapan dalam pengawetan bahan makanan.

    selain keuntungan diatas, haloalkana juga memiliki beberapa kerugian yaitu menjadi polutan.

    Dikloro difenil trikloroetana (DDT) yang digunakan sebagai insektisida merupakan polutan yang tidak dapat diuraikan dan bersifat racun keras.
    selain DDT, kloro fluoro karbon (CFC) atau Freon juga merupakan polutan yang sering ada di kehidupan sehari-hari. CFC sering ditemukan di AC atau kulkas sebagai pendorong pada aerosol. juga digunakan dalam industri plastik busa, zat pembersih gelas, kaca, logam, dst.
    CFC dapat merusak lapisan ozon bila terkumpul di atmosfer dan menyebabkan perlindungan lapisan ozon ke bumi berkurang. hasilnya, akan menyebabkan kanker kulit.

    ReplyDelete
  10. manfaat haloalkana ada 9 macam, antra lain sbb:
    1. Kloroform sebagai bahan pendingin dalam AC dibuat dari kloroform yg di sebut Freon.
    2. Etil Klorida sebagai anestetik lokal pada operasi ringan.
    3. Metik Bromida sebagai pemadam kebakaran di pesawat terbang dan sbg pengasapan pd penyimpanan buah-buahan.
    4. Karbon Tetraklorida sebagai bahan pelarut lemak dan bhn industri Freon yg tdk korosif.
    5. Triiodometana sebagai obat luka bakar atau luka yg sdh abses.
    6. 2-bromo-2-kloro-1, 1, 1 trifluoroetana sebagai obat bius.
    7. Monomer dr teflon sebagai pelapis anti lengket.
    8. Diklorometana sebagai cairan tdk berwarna. tidak beracum.
    9. 1,2-dibromoteana sebagai zat aditif pada bensin yang menggunakan TEL.

    Serta ada jg 2 kerugian Haloalkana yg menimbulkan polusi antara lain:

    1.DDT(dikloro difenil trikloroetana) sebagai insektisida dan bersifat racun keras.

    2. Freon sbg industri plastik busa, dan turunan Freon yg digunakan sbg pelarut zat pembersih gelas.

    Velia Putri
    XII IPA 2

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum

    pada tugas kali ini beta mau mengerjakan tugas yang diberikan ibu anita.
    tugas kali ini beta mau memberi tahu kepada ibu anita manfaat dan kerugian dari haloalkana dari buku yang beta baca. sebelum saya memberi tahu manfaat menurut saya di bab ini terjadi pertikaian yang marak di bumi ini seperti zat zat apa saja yang dapat membahayakan jadi menurut saya bab ini sangat berguna bagi kaum pelajar nasrani seperti saya...

    langsung saja...

    1.zat CHCL3 (Triklorometana atau kloroform)

    zat ini digunakan sebagai pelarut, untuk bidang kedokteran pernah digunakan sebagai
    zat anestetik pada manusia. dan kerugiannya bisa menyebabkan kanker hati yang kian menjalar ke suluruh tubuh.

    2. C2H5CL ( Kloroetana atau etil klorida)

    manfaatnya untuk bahan utama dalam pembuatan plastik etil seluosa dan sebagai anestetik lokal pada operasi ringan, untuk membuat TEL ( tetra etil lead), dan untuk antiknocking pada mesin motor, kerugiannya zat ini merupakan polutan udara jadi membuat udara menjadi tercemar.

    3. CF3 - CHCLBr

    manfaat adalah sebagai obat bius yang merajai di dunia ini. kerugiannya jika salah penggunaan maka zat ini bisa membuat malapetaka bagi manusia.

    4. C2H4Br2

    manfaatnya adalah sebagai zat aditif pada bensin yang menggunakan TEL. dan akan dapat menguap dari knalpot motor. kerugiannya sangat lah pengaruh buruk bagi lingkungan negri ini yaitu POLUSI yang melegenda di indonesia khususnya di tempat dimana kita tinggal pasti tak luput dari POLUSI......

    5. Dikloro Difenil Trikloroetana (DDT)

    Manfaatnya untuk sebagai racun keras, kerugiannya menimbulkan kerusakan cangkang telur, yang membuat burung tak dapat menetas. ini lah yang membuat etika kehidupan binatang menjadi terancam punah, jadi kawan kawan mari kita selamatkan binatang dari zat zat yang berbahaya.

    6. CFC (Freon)

    Manfaatnya sangat berguna bagi manusia yang menginginkan dingin yaitu sebagai AC dan Kulkas ini untuk pendorong aerosol. kerugiannya berbahaya bagi lingungan karena CFC terakumulasi di atmosfer dan akan terkena sinar unltraviolet sehingga membentuk radikal bebas, dan akan bereaksi dengan lapisan ozon. sehingga mengakibatkan terbentuknya lobang ozon.

    7.CCL3F

    manfaatnya untuk blowing agent pada industri plastik busa. kerugiannya sama seperti CFC karena ini turunan dari Freon

    8. Ozon

    Manfaat untuk melindungi makhluk hidup dari sengatan liar Sinar UV berkurang. kerugian kalo lapisan ozon tak ada maka yang rugi adalah kita kaum manusia akan menjadi peyek kering yang menyebabkan kanker kulit tak terbelenggu.


    yang saya dapatkan manfaat dan kerugiaannya cuma segelintir dari buku itu lah yang saya kerjakan mohon maaf sebesar besarnya jika kata kata yang saya kenakan seperti lele di tumis pake jengkol jadi tidak karuan. terima kasih

    Muhammad Setyo Hadi Soesanto IPA I

    ReplyDelete
  12. banyak kegunaan haloalkana. beberapa zat nya bisa digunakan untuk zat anestetik. juga bisa untuk bahan pendingin AC. bahkan ada yg bisa untuk dijadikan obat jika luka ataupun obat bius. pelapisan pun juga bisa. selain itu, ada juga kerugian yang disebabkan haloalkana. seperti racun serangga atau racun lain nya. sinar cfc juka terkena sinar uv pun dapat menjadi radikal bebas yg mengakibatkan kerusakan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Haloalkana juga bisa disebut polutan. Fachrann Noer Razzaq XII Ipa 2

    ReplyDelete
  13. Haloalkana mempunyai banyak manfaat, ada banyak jenis haloalkana dan masing2 punya kegunaan yg berbeda beda. Salah satunya kloroform yg dapat digunakan sebagai pelarut, lalu ada triiodometana untuk luka bakar. Haloalkana juga banyak digunakan sebagai insektisida dan bahan2 dalam sintesis senyawa organik. Haloalkana gampang larut pada alkohol tapi susah larut pada air, dan dampak buruk haloalkana ada banyak juga. Banyak senyawanya yg bersifat toksik, dan ada juga yg bisa mengakibatkan kerusakan hati bila dihirup berlebihan. Selain itu haloalkana juga menimbulkan polusi, diantaranya dalam DDT dan freon. DDT dapat memutus rantai produksi sedangkan freon bahaya bagi lingkungan karna dapat membentuk radikal bebas. -ARSYA XII IPA 2-

    ReplyDelete
  14. Haloalkana adalah senyawa turunan alkana di mana salah satu atom H diganti dengan atom halogen (F, Cl, Br, I). Banyak digunakan sebagai pelarut. Seperti insektisida dan bahan-bahan dalam sintesis senyawa organik. Kebanyakan senyawa organohalogen dalah sintesis. Banyak dapat ditemukan di alam. Haloalkana dapat dibuat dengan reaksi subtitusi dengan menggantikan atom H pada alkana . Dengan atom halogen dari X2 atau menggantikan atom OH dari alkohol dengan atom halogen dari HX. Banyaknya senyawa haloalkana digunakan pelarut nonpolar seperti CCl4, CHCl3, C2H3Cl3. Pelarut ini bersifat racun, obat bius sehingga jangan sampai terhirup. Haloalkana tidak terlalu baik di konsumsi oleh tubuh.

    sunan XII ipa 2

    ReplyDelete
  15. Halo alkana merupakan senyawa turunan alkana yang mengikat satu atau lebih atom unsur halogen. Haloalkana berguna untuk pelarut dan digunakan dalam obat bius, freon, dan insektisida. kelebihan haloalkana adalah sebagai pelarut organik maka mereka cepat menguap dan mereka tidak mudah terbakar, dan kelemahannya adalah mereka merusak lapisan ozon

    ReplyDelete
  16. manfaat haloalkana

    A. Manfaat Iodoform (CHI3) dan Tetraklorokarbon (CCl4)
    Iodoform berwujud padat pada suhu kamar, berwarna kuning, dan mempunyai bau yang khas. Iodoform sering digunakan sebagai antiseptik. Karbon tetraklorida merupakan zat cair yang tidak berwarna dengan massa jenis lebih besar dari air. Uap CCl4 tidak terbakar sehingga sering digunakan sebagai pemadam kebakaran. Selain itu, juga digunakan sebagai pelarut untuk lemak dan minyak.

    B. Manfaat Kloroetana (C2H5Cl) dan Fluorokarbon (CF2Cl2)
    Kloroetana banyak digunakan untuk pembuatan tetraetil timbal yang ditambahkan ke dalam bensin untuk memperbaiki bilangan oktan.
    4CH3CH2Cl + 4Na + 4Pb → (CH3CH2)4Pb + 4NaCl + 3Pb
    Fluorokarbon merupakan senyawa karbon yang mudah menguap, tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan tidak berbau, terutama senyawa freon–12 (CF2Cl2). Freon–12 digunakan secara luas sebagai pendingin dan sebagai gas propelan dalam aerosol. Jenis fluorokarbon yang paling banyak dipakai adalah CCl3F dan CF2Cl2.

    Kerugian Haloalkana

    Penggunaan CFC mengakibatkan globar warming, Atmosfer menipis, ozon bolong

    -Nanda XII IPA 2

    ReplyDelete
  17. Kevina Rizkikamila XII IPA I
    Haloalkana merupakan senyawa turunan alkana yang mengikat satu atau lebih unsur halogen. Haloalkana terbentuk dari alkana, yang bersifat kurang reaktif. Oleh karena itu, reaksi dengan halogen harus dilakukan dalam suhu tinggi dan dengan bantuan sinar uv dan menggunakan halogen yang reaktif. Sehingga, haloalkana ada yang bersifat toksik /racun. Seperti Freon pada pendingin mobil yang menyebabkan global warming. Atau TEL pada bensin dengan akibat yang sama, namun penggunaan nya Sudan dilarang di beberapa negara. Disamping itu, ada juga kloroform dan iodoform yang bersifat tranquilize (membius) yang dapat digunakan sebagai obat bius dan antiseptik yang melemahkan syaraf.

    ReplyDelete
  18. Seperti yang sudah dijelaskan di atas salah satu manfaat haloalkana sebagai anestetik atau pemati rasa.Selain itu haloalkana banyak digunakan sebagai pelarut.Ada juga yang menggunakan sebagai insektisida dan bahan-bahan dalam sistesis senyawa organik.Insektisida banyak digunakan di bidang pertanian.Kebanyakan senyawa organohalogen adalah sintetis.Umumnya senyawa organohalogen termasuk haloalkana.Senyawa organohalogen bersifat toksik atau racun, jadi harus hati-hati menggunakannya. Misalnya pelarut-pelarut karbon tetraklorida dan kloroform.Senyawa itu mengakibatkan kerusakan pada hati apabila dihirup banyak-banyak.Jadi penurunan penggunaan senyawa tersebut karena efek dari penguunaannya yang dapat merusak lingkungan.Ada juga yang mengatakan penggunaan kloroforom sebagai zat anastetik menyebabkan kanker hati. Mufti Hanif-XII Ipa 1

    ReplyDelete
  19. Nanda XII IPA 2
    Loe kalo jadi guru, ngasih tugas yang bener ama berkualitas bisa apa engga loe??
    ngasih tugas kok kaya orang males, suruh liat blog.. enak apa? Coba bilang ke murid murid emang ada yang suka tugas begini apa? nambahin perkerjaan gue aja loe... habis pulang gue dah cape ada les eh.. nih orang malah ngasih tugas beginian
    Puas LO!!!!

    ReplyDelete